Pidato SBY soal Pendidikan Hanya “Buaian”

JAKARTA, KOMPAS.com – Anggota Komisi X DPR yang membidangi pendidikan, Hetifah Sjaifudian menilai, pidato kenegaraan yang disampaikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam Sidang Bersama DPR dan DPD RI,  di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2011), hanya membuai masyarakat dengan hal-hal positif. Khususnya, pernyataan yang mengklaim keberhasilan dalam membuka akses pelayanan publik, seperti pendidikan untuk semua.

“Menurut saya pidato SBY sangat membuai dengan hal-hal positif. Seakan-akan pemerintah sudah berhasil menyajikan akses pendidikan yang murah dan berkualitas untuk semua, khususnya masyarakat miskin,” kata Hetifah kepada Kompas.com, Selasa (16/8/2011).

Hetifah mengatakan, pidato Presiden seakan-akan mencerminkan jika pemerintahannya tidak ingin dikatakan gagal. Padahal, dalam realitasnya, kata dia, masyarakat kini terus menjerit dengan biaya pendidikan yang semakin mahal. Oleh karena itu, ia menyesalkan pidato yang disampaikan oleh Presiden karena tidak realiastis dan tidak sesuai dengan fakta yang terjadi di masyarakat.

Seharusnya, menurut dia, pidato kenegaraan mengungkapkan hal-hal yang realistis dan mampu menunjukkan kesungguhan untuk memecahkan segala permasalahan yang terjadi di dalam dunia pendidikan.

“Contohnya, bagaimana kita merasakan biaya pendidikan yang semakin mahal mahal. Banyak masyarakat miskin menjerit karenanya, kenapa SBY tidak merasakan itu,” kata Hetifah.

Meskipun, lanjutnya, Presiden sempat menyebutkan beberapa kendala dalam mewujudkan pendidikan murah dan berkualitas untuk semua. “Pemerintah hampir gagal menyajikan akses pendidikan untuk semua, yang murah dan berkualitas. Pemerintah hampir gagal dan menurut saya lebih cenderung ke gagal,” ujar politisi Partai Golkar ini.

Seperti diberitakan sebelumnya, Presiden menyatakan bahwa saat ini, pendidikan sudah bisa diakses oleh masyarakat berpenghasilan rendah. Menurutnya, hal ini ditunjang dengan semakin membaiknya keuangan negara.

 

Tentang history55education

Blog Education and History Renaissance
Pos ini dipublikasikan di Hot News, Pendidikan dan tag . Tandai permalink.

2 Balasan ke Pidato SBY soal Pendidikan Hanya “Buaian”

  1. MENONE berkata:

    pendidikan murah?…. manaaa?????…… korupsi iya…

    salam poersahabatan selalu dr MENONE

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s