Bagaimana Cara Mengatasi Kesepian ?

Tak kadang kita bertanya bagaimana cara mengatasi kesepian. Orang merasa kesepian karena berbagai alasan seperti tidak memiliki cukup banyak teman, tidak tahu bagaimana menjadi dekat dengan orang yang mereka kenal, atau tidak diterima oleh orang-orang yang yang ingin dijadikan teman.

Semua orang mengalami kesepian. Beberapa orang lebih diterima secara sosial. Beberapanya lagi yang mencoba untuk bersosialisasi tetap saja ditolak, dan ada beberapa di antara kita yang mengalami kesulitan meskipun telah berusaha.

Berikut ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesepian.

Sadarilah bahwa kita semua merasa kesepian.

Hal tersebut tidak berarti bahwa ada sesuatu yang salah dengan anda. Kita sangat rentan terhadap kesepian ketika kita melakukan peralihan terutama untuk menjadi lebih baik. Jika anda berubah, misalnya mengeksplorasi cara dan jalan alternatif baru untuk diri anda sendiri, anda pasti akan sedikit kesepian ketika anda mencari orang yang memiliki dan berbagi minat dan pikiran anda.

Menelpon atau berkumpul bersama orang yang anda kenal, walaupun mereka bukanlah orang yang ingin anda temui saat ini.

Berhubungan dengan manusia membuat hubungan banyak lebih gampang. Hal ini termasuk ibu anda sendiri serta orang-orang yang dekat dengan anda. Dengarkan lebih banyak daripada berbicara. Mendengarkan dan membuat orang lain berbicara akan memperdalam hubungan anda lebih dari sekadar berbicara tanpa henti tentang diri anda. Jangan buang koneksi yang ada karena itu adalah hubungan yang anda miliki saat ini.

Terlibatlah dalam aktifitas apapun di mana anda akan bertemu dengan orang.

Jika anda sangat pemalu, carilah suatu kelompok yang memiliki kesamaan, walaupun harus secara online (lebih baik daripada tidak). Carilah (misalnya pada koran) kegiatan yang berada di wilayah anda. Menjadi sukarelawan dapat membantu. Tapi jangan menghadiri kegiatan dengan pikiran bahwa anda akan berteman atau bertemu orang. Terlalu menuntut adalah tanda kesepian. Cobalah untuk pergi tanpa harapan apapun, dan nikmati diri anda terlepas dari apa yang terjadi.

Tantanglah diri anda untuk mengambil inisiatif dalam hubungan sosial kapanpun anda bisa.

Anda bertanya pada seseorang jika ingin mengobrol, minum kopi, apalah. Ingat betapa anda senang ketika orang tertarik dengan anda. Ingat juga bahwa anda sedang mencoba untuk membuat sebuah tempat untuk diri sendiri dalam kehidupan orang lain. Jangan berpikir bahwa hanya dengan menunjukkan diri anda akan mendapatkan teman instan. Hal ini dapat menjadi proses yang panjang, telaten, dan kebanyakan orang yang anda temui sudah memiliki teman dan kehidupan mereka sendiri. Anda harus selalu menunjukkan ketertarikan anda pada orang lain sebelum mereka menunjukkan ketertarikan mereka pada anda.

Ambil resiko mengungkapkan diri sendiri.

Katakan apa yang ada dalam pikiran anda, jika kemungkinan besar kelihatan bahwa orang lain akan menerima. Hal ini bisa menyakitkan ketika menjadi bumerang, tapi jutaan kali lebih berharga jika berhasil.

Ingatlah bahwa kita semua sendirian dalam pikiran kita.

Kita lahir dan mati sendirian, tak ada yang istimewa tentangnya. Setiap orang yang pernah hidup telah kesepian. Cinta tidak akan ada tanpa kesepian untuk menginspirasikannya. Lihatlah kesepian anda secara objektif.

Perhatikan perbedaan antara kesepian dan kesendirian.

Bayangkan ini merupakan hari terakhir anda akan sendirian. Apa yang akan anda lakukan?

Bergabunglah dengan komunitas online.

Terkadang itu dapat membantu. Jika anda bersedia membantu orang lain sebagaimana membantu diri sendiri, carilah media online di mana anda dapat membantu dan dibantu orang lain. Tapi lakukanlah dengan cara-cara yang aman.

Ketika merasa kesepian, jangan biarkan diri anda larut di dalamnya.

Lakukan sesuatu, apa saja. Jalan-jalan, naik sepeda atau motor anda. Jelajahi kegiatan, hobi, dan coba hal-hal baru. Memiliki pengalaman memberikan anda dasar di mana anda dapat berkomentar dalam banyak situasi sosial yang secara otomatis anda dapat melakukan perbincangan dengan lebih banyak orang dan memulai percakapan yang akan menarik perhatian orang lain.

Lakukanlah hal biasa yang anda lakukan dengan pasangan atau teman.

Banyak kali anda bukannya kehilangan teman atau pasangan tapi kegiatan atau hobi yang biasa anda lakukan bersama.

Luangkan waktu bersama keluarga.

Walaupun anda tidak memiliki sejarah besar dengan anggota keluarga, mungkin mereka akan membawa anda ke suatu acara. Anda dapat berbagi teman dan bertemu dengan orang-orang baru. Hal ini akan membantu mengurangi perasaan canggung sendirian di tempat umum

Ingatlah bahwa alasan mengapa anda sadar diri adalah karena semua orang sadar diri.

Orang tidak akan lebih fokus kepada kesalahan anda, mereka lebih cenderung fokus pada kesalahan mereka sendiri.

http://beritasi.blogspot.com/2011/06/bagaimana-cara-mengatasi-kesepian.html

Tentang history55education

Blog Education and History Renaissance
Pos ini dipublikasikan di Psikologi dan tag . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Bagaimana Cara Mengatasi Kesepian ?

  1. Fadel Muhammad berkata:

    makasih ya infonya bang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s