Mengapa Blog Saya Sepi Pengunjung?

Pertanyaan ini bergelayut di benak hampir semua narablog (blogger) pemula. Tidak hanya yang pemula lho, banyak juga narablog yang sudah cukup lama ngeblog memertanyakan hal yang sama.

Biasanya narablog yang memertanyakan ini amat berminat jika blog yang ia bangun dikunjungi oleh orang lain, meski isi blognya hanya puisi atau curhat-curhatan aja.

Mari kita review mengapa blog bisa sepi pengunjung.

  • Sudahkah anda membidik niche yang tepat ?

Niche atau ceruk apa yang anda tuju biasanya menentukan sebuah blog ramai atau tidak (meski tidak selalu). Perhatikan blognya kang Taufik ini, salah satu pentolan indomotoblog. Bisa lihat beliau terjun di ceruk apa? Warning: ceruk yang rame persaingannya ketat sekali, namun jika anda konsisten disana dengan menyajikan informasi yang dibutuhkan enthusiast di ceruk tsb maka blog anda akan kebanjiran pengunjung. Contoh lain bisa lihat di Asian Fans Club. Ini adalah blog yang traffic-nya gila-gilaan! Gak percaya? perhatikan widget Whos.amung.us yang mereka pasang di sidebar kiri (pernah saya amati ada 1500 yang online pada saat yang sama). Pengelolanya amat cerdas membidik niche yang ramai.

  • Jika niche yang tepat sudah dibidik, apa konten anda menarik ?

Content is the king! Inilah yang membedakan blog-blog ramai pengunjung dengan yang sepi meski mereka berada di niche yang sama. Terapkan teknik ini agar konten blog anda menarik!

  • Sudahkah blog anda di SEO kan ?

Gunakan cara-cara SEO (search engine optimization)  sederhana misalnya memberi kata kunci secukupnya, gak perlu teknik SEO yang canggih-canggih amat apalagi yang black hat. Dengan SEO maka kesempatan anda untuk ditemukan oleh netters melalui search engine terbuka luas dan akibatnya blog anda bisa dikunjungi netters secara berkala

  • Sudahkah blog anda di SMO kan ?

Selain SEO, ada juga SMO (social media optimization). Cara ini amat ampuh mendatangkan traffic pengunjung ke blog terutama bagi blog yang nichenya tidak terarah / campur aduk.  SMO pada dasarnya adalah memanfaatkan jejaring sosial pertemanan seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, dll untuk menciptakan traffic. Salah satu caranya adalah: publicize (default untuk narablog WordPress.com). Bagi narablog platform lain boleh coba networtkedblogs. Anda juga bisa memasang tombol share ke facebook, digg, Google +, lintas berita, dll agar konten blog anda bisa travel ke mana-mana.

  • Sudahkah anda membangun relasi dengan para narablog lain?

Relasi yang luas meski hanya di dunia maya juga memengaruhi traffic blog. Engga percaya kalo blogwalking bisa meramaikan blog? coba lihat blog masbro Asop ini (blog dia sering saya jadikan rujukan :mrgreen: kenapa? perhatikan setiap postingan selalu dikomentari tidak kurang dari 50 komentator). Cara ini termasuk dalam teknik SMO. Blogwalking merupakan cara sederhana untuk membangun relasi. Dari sini kita bisa berkenalan, bersahabat, berinteraksi dengan narablog-narablog lainnya. Jika ada yang ingin bertukar link (Cara SEO) maka terima dengan baik sesuai persyaratan yang telah disepakati bersama. Membalas setiap komentar yg masuk dan bersikap ramah kepada pengunjung blog anda juga bisa membuat perubahan. Anda akan mendapat image sebagai seorang pribadi yang ramah dan santun, sehingga narablog dan pengunjung lain betah kembali. Mengikuti komunitas blogger tertentu seperti perkumpulan blogger regional di kota anda juga bisa memperluas relasi.

  • Sudahkah anda menganalisa keyword apa saja yang membawa traffic ke blog?

Saya pernah menuliskan artikel tentang analisa keyword. Menganalisa keyword yang membawa traffic ke blog kita lalu bertindak berdasarkan pengetahuan ini bisa membawa traffic yang signifikan!

  • Sudahkah anda mereview kecepatan blog anda ?

Kecepatan loading blog juga harus diperhatikan. Meski content blog anda amat menarik tapi kalo loadingnya luaaammma banget maka pengunjung (terutama yang engga sabaran) akan segera menutup windownya. Praktekkan cara-cara yang sudah saya ulas disini untuk meningkatkan kecepatan blog.

  • Sudahkah anda mem-ping blog anda ?

Ini adalah cara agar tulisan di blog bisa cepat di-index oleh search engine. Cepat di-index berarti semakin luas kesempatan anda ditemukan di search engine. Dengan ping maka robot-robot mesin pencari akan diberitahukan untuk mampir dan merayap di blog kita. Caranya bisa lihat disini.

  • Sudahkah anda memfasilitasi subscribe ke blog anda ?

Cara yang sederhana ini bisa membuat perubahan besar. Ada netters yang engga mau susah payah membaca/membuka laman blog kita dengan mengetik url blog, meski laman blog itu bisa di-bookmarked pun. Mereka hanya mau membaca via email (biasanya ini tipe yang sibuk banget di kantor dan online hanya di yahoomail dan YM).  Sediakan feedburner agar mereka bisa berlangganan feed blog anda. Cara pasang Feedburner bisa baca disini.  Pengguna WordPress.com secara default bisa mengaktifkan widget subscription untuk feed blog.

  • Sudahkah anda rajin berbagi pengetahuan pada yang lain?

Bisa anda baca disini mengapa sharing is caring ! (bukan berbagi istri/suami lho yah) :lol: . Dengan cara ini maka blog anda mempunyai value added yang membuat orang lain mau mem-bookmarked blog anda dan ingin berkunjung secara berkala. Contoh value added yang cerdas bisa dibaca disini .

Semua cara-cara diatas sudah saya jalankan dan terus saya praktekkan. Meski belum serame blog-blog para kampiun dan jawara saya optimis cara-cara ini akan terus membuat saya dan anda juga akan terus melaju mendapatkan traffic tinggi!

sumber

Tentang history55education

Blog Education and History Renaissance
Pos ini dipublikasikan di Tutorial dan tag . Tandai permalink.

6 Balasan ke Mengapa Blog Saya Sepi Pengunjung?

  1. Juli Darma Putra berkata:

    penjelasan anda lebih gamblang gan, thank ifonya

  2. main berkata:

    saran tip dan trik yang bagus pak….salam sukses

  3. IT Newbie berkata:

    wow..keren juga nih…
    ijin praktek kang..
    Thanks yaa…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s