Don’t Crack Under Pressure!

Sebuah pelajaran dari komik/television series The Walking Dead

Don’t Crack Under Pressure. Tagline terkenal dari perusahaan pembuat jam TAG Heueur dari Swiss ini menginspirasi saya untuk menjadikannya judul postingan artikel. Semuanya bermula saat saya menonton seri The Walking Dead (saat ini sudah masuk season 2 di Fox) dan dilanjutkan dengan membaca komiknya sampai buku ke-90.

Kisah The Walking Dead merupakan Zombie Apocalypse yaitu salah satu skenario kiamat khayalan dimana virus-virus mutant berbahaya menginfeksi manusia dan menjadikannya mesin pembunuh berjalan yang akan memangsa setiap mahluk hidup yang ia jumpai. Skenario ini tampaknya merupakan favorit para pembuat film science fiction, komikus dan game developer.

To name it a few…ada 28 Days Later, Night of The Living Dead, Land of The Dead, Zombieland, I Am Legend, Shawn of the dead, Residence Evil, Left For Dead, dll. Tapi bukan Zombie Apocalypse mumbo jumbo ini yang menarik perhatian saya.

The Walking Dead membuat saya bertanya-tanya. Apa yang terjadi jika semua yang kita kenal dan kita jadikan pedoman runtuh? Pemerintah, militer, sistem ekonomi, agama, bahkan masyarakat runtuh? Ketika masyarakat itu sendiri runtuh, apa yang membuat kita bertahan hidup?

Dan inilah yang menarik dari The Walking Dead. Setelah saya membaca komiknya sampai sekian buku, saya menyadari bahwa kisah ini bukan sekedar komik biasa. Robert Kirkman sang komikusnya benar-benar pandai mengeksplore sisi ini:

  • manusia harus bertahan hidup dengan segala cara
  • dengan segala cara……karena tidak ada yang akan bertarung untuk anda, tidak ada militer dan polisi yang membela anda
  • ketika bertarung dengan segala cara untuk survive, tidak ada lagi pedoman moral mana yang baik dan mana yang buruk
  • kenapa? karena pada satu titik yang paling dasar, semua orang akan mempertahankan hidupnya lebih dulu, keluarganya lebih dulu, kelompoknya lebih dulu.
  • dan jika sampai pada titik survival of the fittest, killing is not an option. It’s a must!
  • lucunya, atau ironisnya? Zombie bukanlah faktor utama yang mengerikan di komiknya Mr. Kirkman ini…melainkan manusia lain yang juga berusaha bertahan hidup !

Zombie Apocalypse dalam The Walking Dead rasa-rasanya tidak akan terjadi dalam dunia kita. Keberadaan zombie sendiri hanya fantasy belaka. Tapi cobalah lihat di belahan dunia lain dimana semua yang saya katakan diatas memang benar-benar runtuh. Dimana tidak ada militer dan polisi melainkan War Lords dan klannya yang saling bertarung, dimana anak-anak diculik untuk dijadikan tentara, dimana wanita-wanita diperkosa seenak udelnya, dll. Situasi yang mirip dengan Zombie Apocalypse ini memang benar-benar terjadi dalam dunia kita.

Lalu apa hubungan semua ini dengan tagline champaign dari TAG Heueur? Nah ini sisi lain yang menarik dari The Walking Dead. Tokoh-tokoh utama dari kisah tersebut meskipun dikelilingi kematian mengerikan setiap hari, mereka tetap berusaha mempertahankan sisi kemanusiaannya, tetap berusaha menolong siapa saja yang memerlukan bantuan, dan yang paling penting tetap berusaha mempertahankan kewarasannya.

Inilah yang susah. Tetap waras di tengah dunia yang tidak waras. Semua tekanan emosi dan mental yang kita alami berpotensi membuat kita sedikit demi sedikit ‘rusak’ dari dalam jika kita tidak tahu bagaimana menemukan penawarnya. Tiap orang bisa menemukan penawar tersebut. Ada yang berdoa, ada yang mengandalkan minuman keras, ada yang lari pada seks, ada yang makan lebih banyak, ada yang lebih memilih kegiatan fisik seperti olahraga, dll.

Bagaimana cara anda supaya tidak ‘crack’ di tengah tekanan yang anda alami? kita semua punya cara sendiri untuk menghadapi tekanan hidup sehari-hari bukan? Share your thoughts, please :)

Tentang history55education

Blog Education and History Renaissance
Pos ini dipublikasikan di Motivasi dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s